Monday 6 June 2016

Hikmah dan Manfaat Membaca Alquran yang Sungguh Menakjubkan

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa Al-Qur'an adalah kitab suci agama Islam. Sekaligus sebagai wahyu yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril untuk dijadikan pegangan atau
pedoman hidup bagi seluruh umat manusia. Ia akan menuntun umat manusia ke arah yang lebih baik untuk mendapatkan syafa'at dari Allah SWT. Salah satu cara hidup berbahagia dengan menerapkan amalan Islam dan tips sederhana adalah mengkaji Al-Qur'an. Al-Qur'an merupakan salah satu Rukun Iman, yaitu seorang muslim wajib mengimani bahwa Al-Qur`an merupakan penghapus hukum dari semua kitab suci yang turun sebelumnya.
Al-Qur’an menjadi penasihat, penawar hati yang sedang gelisah, gundah gulana, melapangkan dada yang terasa sempit dan menjernihkan pikiran yang sedang kacau. 
Oleh karena, umat muslim sangat ditekankan untuk memperbanyak membaca Al-Qur’an

Banyak sekali hadits-hadits Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam yang menyebutkan tentang keutamaan membaca Al-Qur`an. Salah satunya ialah dari shahabat Abu Umamah Al-Bahili radhiallahu ‘anhu : Saya mendengar Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda : 



« اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِه » 

“Bacalah oleh kalian Al-Qur`an. Karena ia (Al-Qur`an) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafa’at bagi orang-orang yang rajin membacanya.” [HR. Muslim 804]

Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan untuk membaca Al-Qur`an dengan bentuk perintah yang bersifat mutlak. Sehingga membaca Al-Qur`an diperintahkan pada setiap waktu dan setiap kesempatan. Lebih ditekankan lagi pada bulan Ramadhan. Nanti pada hari Kiamat, Allah Subhanahu Wata’ala akan menjadikan pahala membaca Al-Qur`an sebagai sesuatu yang berdiri sendiri, datang memberikan syafa’at dengan seizin Allah kepada orang yang rajin membacanya.

Masih banyak lagi hikmah dan hidayah membaca Al-Qur'an yang sangat luar biasa dan menakjubkan bagi siapa saja yang membacanya. Untuk lebih jelasnya, baca tulisan berikut ini: 

1.   Barang siapa yang membaca 10 ayat dari Al Qur’an didalam satu malam, maka dicatat banginya pahala 1 qintar, dan 1 qintar itu lebih baik dari pada dunia dan serta segala seisinya.

2.   Dari tiap ayat Al Quran yang dibaca mengandung 10 kebaikan di dalamnya. Oleh karena itu, membaca Al-Qur’an disebut sebagai amal ibadah yang paling istimewa.

3.   Orang yang beriman pada Al Qur’an dan mengamalkannya maka Allah SWT akan mengangkat derajatnya dan akan memuliakannya di dunia dan di akhirat kelak.

“Orang yang ahli dalam Al-Quran akan bersama dengan para malaikat pencatat yang mulia lagi taat. Dan orang yang terbata-bata membaca Al-Quran dan dia bersusah payah mempelajarinya, maka baginya dua pahala.“ (HR. Bukhari)

4.   Al Qur'an sebagai pelebur segala emosi dan amarah yang mampu mendamaikan dan memberi ketenangan yang tidak dapat dilukiskan atau digambarkan seperti halnya yang terjadi pada Sayyid Quthb Rahimakumullah.

5.   Sebagai ladang pahala. Hal ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, yakni:
“Barang siapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah maka akan memperoleh satu kebaikan. Setiap satu kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kali lipat. Aku tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf, akan tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf dan Mim satu huruf. “

6.   Al Qur'an sebagai sarana komunikasi diri dengan Allah SWT.

7.   Barangsiapa yang menghormati, dan menunaikan hak-haknya dan mengamalkan Al Qur’an. Maka Al Qur’an akan membelanya dihadapan Allah SWT dan memberi syafaat dan menaikkan derajatnya.

8.   Al Qur'an bagi siapa saja yang memahami dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari akan semakin bertambah ilmunya.

9.   Selalu mendapat jalan kemudahan, kebaikan dan petunjuk serta mengingatkan diri dari hal-hal yang dilarang-Nya.


10.Barangsiapa membaca Al Qur’an dan mengamalkan apa yang ada didalamnya maka pada hari kiamat dia dan kedua orang tuanya akan dipakaikan mahkota yang cahayanya lebih terang dari pada matahari serta dipakaikan pakaian keindahan dan keindahannya tidak ada yang sanggup menandinginya.

Yang pastinya, manfaat-manfaat membaca Al-Quran lebih banyak daripada yang dipaparkan di atas. Jika kita terus mempelajarinya, itu tak akan mampu menghitung berapa banyak nikmat dan hidayah serta anugerah yang telah diberikan-Nya. Dengan mengamalkan Al-Qur'an, insya Allah kita akan mendapatkan kebahagiaan. Hidup berbahagia dengan menerapkan amalan Islam dan tips sederhana ini mengulas tentang manfaat Al-Qur'an.  


Semoga kita termotivasi dan bersemangat untuk terus membaca dan mengamalkan Alquran. Jangan lupa dishare yakk! saling berbagi itu ibadah lho.

Terima kasih atas kunjungannya. Salam senyum :)

No comments:

Seekor Kerbau yang Bisa Mati Hanya Dikarenakan Sebuah Opini

Bismillahirahmanirrohim,, Hai sahabat blogger... Kembali lagi di blog