Friday 24 June 2016

Hubungan Antara Penyakit Hati atau Sifat Buruk dengan Penyakit Fisik Dalam Tubuh Manusia

Hai sahabat, kali ini di blog Amalan Islami akan berbagi tentang hubungan antara penyakit hati dan penyakit fisik pada tubuh manusia. Mengingat pentingnya mengenai penyakit hati, maka terlebih dahulu akan
dipaparkan mengenai penyakit tersebut.

Hati adalah kalbu yang merupakan salah satu bagian atau organ yang sangat penting bagi tubuh manusia. Hati memiliki pengaruh yang sangat besar dalam menentukan perilaku seseorang. Karena perilaku adalah cerminan hati. Jika hatinya baik maka baik pula seluruh perilaku dan amalannya. Begitu pula sebaliknya, orang yang dalam hatinya ada penyakit hati, maka ia sulit untuk menerima kebenaran dan akan mati dalam keadaan kafir. Oleh karena itu, kita perlu mengenal dan mengetahui macam-macam penyakit hati yang sangat berbahaya. Penyakit hati sering identik dengan sifat buruk (tak terpuji) atau tingkah laku yang tercela (al-ahklaq al-azmumah). Penyakit hati seperti sifat sombong, hasud (iri dan dengki), zhuudzhon, riya', baqhil dan kikir, ujub dan masih banyak lagi. Apabila sifat seperti ini tertanam pada diri kita maka itu juga akan berdampak buruk terhadap kesehatan fisik yang kita miliki. Oleh karena itu, berusahalah untuk menghindari penyakit hati atau sifat tak terpuji ini. Rajin beribadah dan menerapkan amalan Islami adalah salah satu dari berbagai solusi yang mungkin dilakukan untuk menjaga diri dari sifat tak terpuji itu.

Penyakit fisik adalah penyakit yang diderita oleh seseorang pada bagian tubuhnya. Sakit pada tubuh bagian luar dan terlihat oleh mata maupun sakit di bagian tubuh yang tak terlihat oleh mata. Penyakit itu merupakan gangguan fisik yang berawal dari gangguan pikiran dan hati. Gangguan pikiran itu seperti program pikiran negatif dan perasaan negatif, masalah emosi/depresi, kecewa, kecemasan dan emosi negatif lainnya. Ini merupakan penyakit yang dimulai dari gangguan pikiran dan perasaan negatif kemudian akhirnya berdampak pada tubuh/fisik. Ia akan memunculkan berbagai keluhan pada tubuh atau fisik yang bersangkutan. Orang yang mempunyai pikiran dan perasaan negatif dan berada dalam keadaan stress yang berkepanjangan dapat memicu aktifnya gen yang berpotensi untuk menimbulkan penyakit. Maka tak dapat dipungkiri bahwa pikiran dan perasaan sangat besar pengaruhnya terhadap daya tahan tubuh. Penyakit ini dapat diatasi dengan tips sederhana yaitu adanya kekuatan doa yang dipanjatkan, dzikir dan perasaan serta pikiran yang positif. 

Dengan menerapkan tips ini maka secara tidak langsung anda melakukan ibadah di samping untuk mencegah datangnya penyakit. Selain itu, ini merupakan cara hidup berbahagia dengan menerapkan amalan Islami dan tips sederhana. Doa, pikiran dan perasaan positif akan memicu gen yang baik untuk mengaktifkan sel-sel yang mempunyai kemampuan memperbaiki kerusakan tubuh dan melawan virus yang merusak jaringan tubuh. Mungkin penjelasan mengenai penyakit ini sudah terlalu jauh untuk dibahas. Alright, langsung bahas saja kaitan antara penyakit hati dan penyakit fisik pada tubuh manusia.

Hubungan antara penyakit hati dengan penyakit fisik dalam tubuh: 

Tau nggak sih??
  • Marah
Kalau marah selama 5 menit saja dapat mempengaruhi sistem imunitas (kekebalan) tubuh sehingga dapat menyebabkan depresi selama 6 (enam) jam. Pada hakikatnya, marah adalah memuncaknya kepanikan di kepala, kemudian menguasai otak dan pikiran hingga akhirnya menuju perasaan. Kondisi yang seperti inilah yang terkadang sulit sekali untuk dikendalikan.
  • Dendam
Jika dendam disimpan di dalam hati dan menyimpan kepahitan, maka imunitas tubuh akan mudah mati. Lalu bermula dari situlah, sehingga berbagai penyakit akan timbul, stress, kolestrol, tinggi, jatug, reumatik, arthritis, stroke/pendarahan dan penyumbatan pembuluh darah.
  • Stress
Jika sering membiarkan pikiran jadi stress, maka itu akan berdampak pada pencernaan. Adanya gangguan pencernaan. Perasaan khawatir yang berlebihan pun bisa mengganggu kenyamanan untuk tidur, susah tidur bahkan tidur kurang nyenyak sehingga mengakibatkan rasa nyeri pada bagian punggung.
  • Mudah tersinggung
Jika seseorang diantara kita ada yang mudah tersinggung, maka dia rentang terkena penyakit insomnia. Yang dimana tidurnya kurang nyenyak karena terlalu memikirkan omongan orang lain. Selain itu, akan mengalami kebingungan. Yang kemungkinan besar rentang terjangkit penyakit gangguan tulang belakang.
  • Takut
Perasaan takut yang berlebihan akan mengakibatkan penyakit ginjal. Yang kemudian jika suka suudzhon dan negatif thinking, maka penyakit dyspepsia (sulit mencerna) akan gampang menyerang tubuh kita.
  • Emosi dan mudah marah
Perasaan yang sering kebawa emosi dan cenderung pemarah, maka itu akan mendatangkan penyakit hepatitis.
  • Apatis
Sifat patis atau ras kurang peduli terhadap lingkungan sekitar, maka hal tersebut akan menyebabkan penurunan kekebalan tubuh.
  • Menyepelekan sesuatu
Jika sering menganggap remeh atau sepele terhadapa sebuah masalah, maka itu akan mngakibatkan penyaki diabetes.
  • Kesepian
Jika sering mengalami perasaan kesepian atau kegalauan, maka tubuh akan rentang dengan penyakit demensia senelis. Demesia senelis yaitu memory/daya ingat dan kontrol fungsi tubuh berkurang.
  • Bersedih dan terlalu rendah diri
Jika sering bersedih dan terlalu merendahkan diri, maka itu akan sangat berbahaya pada nyawa kita. Sifat itu menyebabkan penyakit kanker darah putih.
Itulah jenis-jenis tentang hubungan antara penyakit hati dan penyakit fisik. Penyakit hati atau sifat buruk yang tak terpuji sangat berdampak pada terhadap fisik atau tubuh. Maka dari itu, banyak-banyaklah bersyukur atas segala perkara yang telah terjadi. Hanya dengan bersyukur, maka hati ini akan merasakan kegembiraan. Yang kemudian akan menghasilkan energi positif dalam tubuh. Energi positif ini berfungsi untuk mengusir segala penyakit-penyakit. Bersyukur juga adalah contoh cara hidup berbahagia dengan menerapkan amalan Islami dan tips sederhana. Banyak-banyaklah bersyukur!

Terima kasih atas kunjungan Anda
Jangan lupa dibagikan. Berbagi itu adalah ibadah. Salam senyum :)

No comments:

Seekor Kerbau yang Bisa Mati Hanya Dikarenakan Sebuah Opini

Bismillahirahmanirrohim,, Hai sahabat blogger... Kembali lagi di blog