Thursday 25 August 2016

Tips Menghadirkan Allah di Dalam Shalat

Di dalam melaksanakan shalat, mungkin ada yang terkadang lepas kontrol atau hanya mengingat-ingat sesuatu yang lain selain mengingat Allah. Karena di
dalam melaksanakan shalat itu, kita harus konsentrasi hanya kepada Allah semata agar bisa melaksanakan shalat dengan khusyu'. Oleh karena itu, dalam blog AMALAN ISLAMI ini akan memaparkan tips sederhana tentang cara mengingat Allah dalam shalat. Karena bagi seorang hamba bahwa mengingat Allah SWT dalam segala hal itu akan membuat kita lebih mudah dalam mengerjakan sesuatu.

Dengan selalu menyebut Asma Allah maka itu merupakan salah satu hal yang ringan dalam melaksanakan hidup bahagia dengan menerapkan amalan Islami dan tips sederhana. Dengan mengingat Allah pula, kita maka kita telah berbuat ibadah, mendapat pahala dan terlindung dari gangguan setan. Oleh karena itu simak paparan berikut ini!

Tips Menghadirkan Allah di Dalam Shalat

  1. Melakukan persiapan sejak dari akan mengambil wudhu' harus sudah dilakukan dengan sempurna.
  2. Sebelum melakukan takbiratul ihram sudah mulai menata hati dan fokus, kita hendak menghadap kepada siapa. Tentu hati yang khusyu' akan menghadirkan Allah dihadapannya. Kita harus sadar bahwa kepada-Nya kita akan menghadap. Oleh karena itu, yakini keberadaan Allah SWT di hati kita dengan hikmat sebagai sang Pencipta diri kita.
  3. Bacalah setiap bacaan shalat dengan perlahan, tartil dan penuh penghayatan maknanya. Lakukan gerakan demi gerakan dengan santun, sopan dan lembut dan tuma'ninah. yakni selalu berhenti sejenk setiap hendak berganti gerakan. Sertakan dan berusahalah temukan kehadiran Allah juga dalam setiap gerakan shalat kita.
  4. Ingat selalu bahwa Dia sedang memperhatikan kita, memperhatikan setiap gerakan dan tuma'ninah yang kita lakukan, mendengr bacaan-bacaan yang kita ucapkan. Tanyakan pada hati nurani, apakah kita layak untuk diperhatikan jika kita sendiri tidak penuh perhatian ketika menghadap-Nya.
  5. Pahami bahwa shalat merupakan komunikasi yang terdekat antara roh seorang hamba dengan Tuhannya.
  6. Di awal shalat ada baiknya kita meyakini dalam hati kita bahwa bisa jai shalat yang kita kerjakan ini adalah shalat yang terakhir bagi kita, karen itu berusahalah melakukan dengan sebaik-baiknya.
  7. Waspadalah, karena syaitan selalu masuk menggoda dan mengacaukan pikiran kita, maka segera buang jauh-jauh dan lepaskan diri dari godaannya. Segera kembali khusyu' menghadpkan hari dan pikiran kepada Allah. Yang kita sedang menghadapa kepada-Nya.
  8. Berusaha untuk membaca buku dan memahmi tentang bab Tuntunan Shalat. Perhatikan baik-baik tentang dalil-dalil perintah sholat, ancaman jika tidak menegakkannya, manfaatnya, keutamaannya dan tata caranya. Insyaa Allah, ilmu tentang Tuntunan Sholat akan banyak membantu mengantrkan kita pada sholat khusyu' yang bisa menghadirkan Allah dalam hati kita.
Nah itulah beberapa tips sederhana yang dapat membantu kita untuk terus mengingat serta menghadirkan Allah dalam hati kita. Semoga bermanfaat.

No comments:

Seekor Kerbau yang Bisa Mati Hanya Dikarenakan Sebuah Opini

Bismillahirahmanirrohim,, Hai sahabat blogger... Kembali lagi di blog