Friday 24 June 2016

Tips Menjelang Sepuluh Malam Terakhir Bulan Ramadhan

Ramadhan telah memasuki malam-malam puncak. Marilah kita menghidupkan sisa-sisa malam di bulan Ramadhan, utamanya malam laylatul qadr. Akan tetapi, kita tidak pernah tahu pasti tentang
waktu akan turunnya laylatul qadr (berdasarkan hari, jam, menit, detik). Tidak semua orang pun dapat melihat malam laylatul qadr. Oleh karena itu, marilah kita semua menyibukkan/menyibukkan diri dengan melakukan ketaatan yang tentunya beribadah kepada yang Maha Kuasa. Dalam 10 (sepuluh) malam terakhir menjelang, kita disunnahkan/dianjurkan untuk lebih memperbanyak ibadah kepada-Nya dengan menerapkan amalan Islam. Nah berikut ini ada beberapa tips sederhana yang dapat diterapkan pada 10 (sepuluh) malam-malam terakhir di bulan suci Ramadhan.
    Tips Menjelang 10 malam terakhir Bulan Ramadhan:

  1. Ini bukan tentang malam untuk update status di sosial media apapun, (misalnya;Alhamdulillah, nikmatnya bermunajab kepada-Nya malam ini", dsb). Jangan sampai status Anda membatalkan pahala Anda. Oleh karena itu, untuk urusan ibadah biarlah menjadi rahasia indah antara hamba dengan Robbnya. Maka putuskan hubungan dengan dunia, dan nikmati jalinan hubungan dengan Al-'Afuwwu!
  2. Mulailah dengan niat yang bersih dan tulus. Jika sampai hari ini ibadah terasa belum maksimal, maka berusahala untuk memaksimalkannya. Jika Anda benar-benar ingin memperbaikinya, masih ada waktu!.
  3. I'tikaf (merutinkan/menjaga sesuatu).Nabi Muhammad Salallahu Alaihi Wasallam ber-i'tikaf pada 10 (sepuluh) malam terakhir Ramadhan hingga wafat. kemudian isteri-isteri beliau pun ber-i'tikaf setelah wafatnya beliau(HR. BUkhari)
  4. Perbanyak sedekah, berbagi takjil atau memberi makan kepada orang yang beruasa.
  5. Hari ini, baca tafsir Al-Qur'an surah Al-Qadr dan pahami apa yang sesungguhnya terjadi pada malam lailatul qadr. Anda akan merasakan keagungan dan kekuatannya, Insyaa Allah.
  6. Jangan menunggu hingga malam ke 27 untuk mengerahan segalanya. Seluruh malam dari malam 10 (sepuluh) terakhir seharusnya jadi target Anda. Bangunlah setiap malamnya jangan sampai laylatul qadr terlewati begitu saja.
  7. Jangan ikut-ikutan dengan perayaan-perayaan atau kegiatan-kegiatan tidak bermanfaat yang diadakan oleh kelomok-kelompok tertentu. Ikutilah sunnah Nabi Shalallahu 'alaihi wasallam. Tuntutan beliau adalah:"Barangsiapa yang berjaga-jaga (tidak tidur) dan berdoa pada malam lailatul qadr dengan iman dan pengharapan akan ganjarannya, dosa-dosanya yang telah lalu aka diampuni".
  8. Hafalkan doa malam lailatul qadar yang diajarkan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam. Berikut doanya:"Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu'anni". Artinya:"Yaa Allah, Engkau maha Pengampun dan menyukai pengampunan, maka ampunilah aku".
  9. Siapkan daftar pendek doa-doa untuk dipanjatkan.Ingat, ini adalah waktu yang sangat istimewa bagi seorang hamba. Malam laylatul qadr! malam ditetapkannya takdir! Pilihlah doa-doa terbaik untuk agamamu, dunia dan akhiratmu serta keluargamu (terutama kedua orangtua dan saudara). jangan lupakan saudara-saudara Muslimin yang tengah dilanda kesusahan atau bencana di belahan dunia.
  10. Tadarrus Al-Qur'an dan berdo'a.
  11. Perbanyak berdzikir dengan mengucapkan Asma Allah.(Jika ingin mengetahui manfaat dan keutamaan melafadzkan Asmaul Husna, silahkan download disini).
  12. Jaga lisan. Betapa banyak orang yang berpuasa namaun ia tidak mendapatkan dari puasanya kecuali lapar dan haus. Naudzubillahi Mindzalik, semoga kita tidak termasuk ke dalam golongan tersebut.
  13. Sempatkan tidur siang sejenak jika memungkinkan. Jagalah perut Anda agar tidak terlalu kenyang dan segeralah tidur sejenak setelah shalat Isya dan shalat sunnah Tarawih. Ini sekedar usaha untuk menyegarkan diri agar mata Anda tidak terlalu perih. Lalu bangunlah untuk beribadah.
  14. Jangan lupakan keluargamu! Rasulullah membangunkan para isterinya pada malam-malam ini. Anak-anak pun bisa diajak beribadah untuk beberapa saat, walau mungkin tidak selama orang dewasa. Hal ini merupakan mengajarkan/memperkenalkan kepada mereka tentang malam laylatul qadr, sehingga mereka bisa menerapkannya ketika mubaliq kelak. Maka siapkan, semangati dan motivasi mereka!
  15. Sabar adalah kuncinya. 10 (sepuluh) malam terakhir mungkin akan sangat melelahkan. Anda mungkin akan harus bekerja keras (mungkin ini yang disebut dengan jargon sleep less pray more). Ini adalah saat untuk bersabar dengan kelelahan itu. Ingatlah Allah akan menganugerahimu dengan kesempatan berharga (akan luasnya ampunaan) yang mungkin sahja tidak dua kali. Anggaplah bahwa ini adalah Ramadhan terakhir kita dan surga hanya selangkah lagi.
  16. Cara kita berpakaian dan mempersiapkan diri akan berpengaruh secara psikologis. Mungkin inimi yang yang dibilang Exhibit good manner.
Dengan menerapkan tips sederhana atau amalan Islami akan mendatangkan kebahagiaan/ketentraman dalam hidup kita. Hidup berbahagia dengan menerapkan amalan Islami dan tips sederhana. Manfaatkanlah bulan Ramadhan untuk menambah saldo pahala.  
Semoga kita salah satu orang terpilih untuk melihat malam laylatul qadr dan menjadi orang yang medapatkan berkah malam laylatul qadr. Malam laylatul qadr adalah lebih dari malam 1000 (seribu) bulan. Masyaa Allah. 

Terima kasih atas kunjungan Anda. Silahkan dishare! Karena berbagi adalah ibadah. Salam senyum :)

No comments:

Seekor Kerbau yang Bisa Mati Hanya Dikarenakan Sebuah Opini

Bismillahirahmanirrohim,, Hai sahabat blogger... Kembali lagi di blog